Apakah Ganja Lebih Aman dari Alkohol ?

Apakah Ganja Lebih Aman dari Alkohol ?

Apakah Ganja Lebih Aman dari Alkohol ? - Sebuah penelitian terbaru menegaskan apa yang dikatakan oleh pendukung legalisasi marijuana atau ganja bahwa bunga dan daun dari tanaman cannabis ini lebih aman dari alkohol.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Report ini, ada tujuh obat-obatan terlarang yang diteliti dan dibandingkan mengenai bagaimana obat-obatan ini bisa menyebabkan kematian pada seseorang yang menggunakannya.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa Marijuana atau ganja dinilai 114 kali lebih rendah risiko kematiannya ketimbang alkohol.

Obat lain yang diteliti dan berada di urutan paling mematikan antara lain heroin, kokain, tembakau, ekstasi dan methamphetamine. Temuan ini didasarkan pada bahaya zat dan tidak memperhitungkan faktor lain dalam penggunaan narkoba.

Peneliti mengatakan bahwa temuan mereka menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dapat memperburuk risiko kesehatan ketimbang penggunaan heroin.

Temuan ini menunjukkan bahwa risiko penggunaan ganja telah dibesar-besarkan dan risiko alkohol terlalu diremehkan.

"Hasil mengkonfirmasi bahwa risiko ganja mungkin telah dibesar-besarkan di masa lalu," ujar penulis.

Ganja telah dikelompokkan ke dalam kategori obat golongan ketat oleh  Controlled Substances Act. Sedangkan alkohol merupakan penyebab utama kematian ketiga dengan 88 ribu kematian setiap tahun dan menyumbang 31 persen kematian pada pengemudi.

Dalam studi ini, para peneliti mengatakan bahwa risiko obat-obatan terlarang lebih didasarkan  pada "dugaan" dibanding data ilmiah.

"Saat ini,hasil menunjukkan pembatasan lebih diprioritaskan pada konsumsi alkohol dan rokok daripada obat-obatan terlarang," imbuh peneliti. (Medical Daily)

Semoga Bermanfaat........>>>By Abdisr Blogger
sumber : Suara.com

Posting Komentar untuk "Apakah Ganja Lebih Aman dari Alkohol ?"