Tips Mudah Menghayati Sebuah Lagu

Tips Mudah Menghayati Sebuah Lagu - Lagu itu pada Hakikatnya merupakan perpaduan antara musik dengan lirik. Ada lagu yang liriknya bagus, tapi musiknya biasa aja. Ada lagu yang musiknya bagus, tapi liriknya biasa aja. Ada yang bagus dua-duanya dan tidak sedikit pula yang jelek dua-duanya.
Cara Mudah Menghayati Sebuah Lagu
Cara Mudah Menghayati Sebuah Lagu

Kadang tanpa sengaja ketika kamu sedang mendengarkan sebuah lagu, kamu merasa kalau lagu itu ‘kamu banget’. Seolah-olah kamu dihisap kedalam dunia sang pengarang lagu dan mengalami apa yang dia alami. Nah, di artikel ini MBDC akan ngajarin kamu gimana caranya menghayati sebuah lagu.
1. Dengarkan Musiknya
Musik yang mengiringi sang penyanyi biasanya menjadi faktor utama dalam menentukan sebuah lagu itu bagus atau enggak. Setelah kamu mendengarkan musiknya dan kamu memutuskan untuk menyukai lagu tersebut, barulah kamu bisa menghayati sebuah lagu.
Dalam mendengarkan alunan musik ini, kamu harus menghentak-hentakkan kaki sesuai dengan beat lagu tersebut, tapi nggak perlu ngegebrak-gebrak meja ya. Nanti kamu dikira ikut-ikutan selebriti kampungan yang entu tuh.
2. Pahami Liriknya
Setelah kamu memutuskan bahwa lagu tersebut enak untuk didengarkan dan ingin untuk menghayati lagu itu lebih lanjut, maka hal yang harus kamu lakukan adalah memahami liriknya. Memahami lirik bukan cuma sekedar hafal doang lho. Percuma hafal kalau kamu nggak tau apa yang dimaksud oleh si pengarang lagu.
Misalnya lagu keong racun. Banyak orang yang hafal liriknya, tapi apa sih sebenarnya arti dari ‘keong racun’ itu? Kok bisa orang dikatain “dasar kau keong racun, baru kenal eh ngajak tidur”.? Emangnya ada yang keong ngajakin orang tidur? Atau gimana sih? Tolong bantu MBDC memahami lirik lagu Keong Racun.
3. Hafalkan Melodi Gitar/Piano-nya
Dalam tahapan ketiga ini kamu diwajibkan untuk sudah hafal lirik lagu beserta makna yang tersimpan dibalik lirik tersebut, karena proses penghayatan lagu akan menjadi sedikit lebih kompleks.
Sekarang kamu harus bisa menghafalkan nada-nada yang dilantunkan oleh gitaris atau pianis di lagu tersebut. Misalnya: “nenew new new nenew.. nrenew new new nenew, nrrrew nenew, nenew nenew nenew nenew”
Untuk bisa menghayati sebuah lagu, tidak cukup hanya dengan menyanyikan liriknya. Kamu juga harus bisa menyanyikan melodi-melodi di lagu itu dengan akurat. By the way itu tadi melodi dari intronya lagu Rancid – Old Friend
4. Tutup Mata, dan Biarkan Dirimu Dibuai Alunan Lagu
Bagian terakhir ini sebenernya merupakan bagian paling gampang untuk dilakukan. Kamu cukup menutup mata, membayangkan bahwa kamu sedang membawakan lagu tersebut dalam sebuah konser yang ditonton ribuan orang.
Nyanyikan liriknya dengan lantang dan jangan lupa untuk menyanyikan melodinya juga.
Jadi lagu apa nih yang akan kalian hayati?

Semoga bermanfaat........>>>By Abdisr Blogger     thanks to Malesbanget.com
Sumber: http://malesbanget.com/2013/07/cara-menghayati-sebuah-lagu//
Copyright Malesbanget.com 2011  >> Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial No Derivatives

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Menghayati Sebuah Lagu"