Tanda Tanda Seseorang Mempunyai Beban Emosional

Tanda Tanda Seseorang Mempunyai Beban Emosional  – Beban emosional adalah masalah utama yang menghambat seseorang untuk berpikir positif dan bergerak maju. Apakah Anda masih sering mengenang kepedihan di masa lalu? Apakah Anda risau dalam menatap masa depan? Apakah Anda selalu menunjukkan kelemahan diri sendiri dalam menghadapi setiap kesulitan? Semua ini adalah tanda-tanda bahwa Anda masih belum mampu memulihkan diri dengan kenangan masa lalu dan membawa banyak beban emosional.

Tanda Tanda Seseorang Mempunyai Beban Emosional
Tanda Tanda Seseorang Mempunyai Beban Emosional

Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang perlu Anda ketahui apakah Anda memiliki beban emosional atau tidak.

1. Anda membandingkan saat ini dengan masa lalu
Salah satu hal terburuk yang dapat Anda hadapi dalam kehidupan Anda adalah selalu membandingkan masa sekarang dengan masa lalu. Jika Anda terus membandingkan baik buruknya, itu berarti pikiran Anda masih berada di masa lalu. Ini adalah salah satu tanda yang paling mencolok bahwa Anda masih memiliki beban emosional yang belum Anda tuntaskan sepenuhnya sehingga sulit menerima perubahan.

2. Anda pesimistis
Anda dapat dikatakan masih membawa beban dari masa lalu jika Anda terus meragukan niat Anda setiap ingin melangkah. Trauma mungkin telah meninggalkan rasa tidak percaya diri secara permanen, karenanya Anda merasa sulit untuk percaya diri dalam melakukan banyak hal. Jika Anda masih terlalu banyak berpikir saat akan bertindak, berarti Anda masih hidup di masa lalu.

3. Perilaku tidak konsisten
Apakah emosi Anda fluktuatif? Terkadang menjadi terlalu bersemangat atau kadang juga terlalu malas? Jika iya, mungkin Anda penuh rasa tidak aman dan memiliki beban emosional. Ketidak-konsisten-an adalah tanda khas seseorang memiliki beban emosional.

4. Anda malas mendengarkan saran orang lain
Orang yang pernah terluka di masa lalu mungkin telah mengembangkan rasa tidak percaya kepada orang lain, cenderung menilai negatif meski seseorang bermaksud baik untuk menolongnya. Sulit mempercayai masukan dari orang lain membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkannya. Jika Anda cenderung menutup diri menganggap semua orang sama saja dengan mengabaikan semua saran konstruktif, bisa jadi Anda memiliki beban emosional.

5. Anda masih menyimpan penyesalan
Masih dapat diterima jika Anda menyesali beberapa keputusan salah yang Anda buat di masa lalu atau insiden kecil. Tapi, jika Anda terus-menerus menyesali setiap hal yang sudah berlalu, itu bisa menjadi situasi yang mengkhawatirkan. Orang dengan beban emosional cenderung menyesal dan merekam setiap kejadian yang telah mereka lakukan sebelumnya. Jika Anda masih berharap andai saja bisa mengubah masa lalu, Anda masih membawa beban emosional.

6. Anda merasa sangat rendah diri
Terlepas dari rendahnya kepercayaan diri, salah satu alasan mengapa Anda memiliki kualitas diri yang rendah adalah karena beban emosional Anda terlalu banyak. Orang-orang yang masih membawa luka dan penyesalan masa lalu, akan terus memikirkannya di masa sekarang mereka juga. Ini berdampak pada perilaku mereka, dan itu menghancurkan citra mereka sendiri dalam pikiran mereka. Jika Anda memiliki kualitas diri yang rendah, mungkin Anda memiliki beban emosional yang bisa menjadi salah satu alasan dibaliknya.

Setiap orang pasti memiliki sejarah dan respons emosional berbeda-beda. Semua beban hidup dimaksudkan bagi Anda untuk menjadi pribadi berkembang sebagai manusia sejati, terlepas Anda mau atau tidak membongkar semua beban Anda untuk menemukan ‘isinya’. Jika tidak mau, itu pasti akan menggagalkan pertumbuhan pribadi Anda. Anda tidak akan pernah bisa merasa bebas bergerak sampai Anda mampu berdamai dengan beban emosional ini. Jadikanlan beban di masa lalu sebagai batu loncatan yang luar biasa untuk pertumbuhan pribadi, wawasan diri, dan kedewasaan dalam bersikap Anda.



sumber : http://bramardianto.com/6-tanda-seseorang-memiliki-beban-emosional.html


Semoga Bermanfaat........>>>By Abdisr Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

pengunjung yang baik selalu berkomentar
link aktif ane hapus EmoticonEmoticon