Pengertian Mengenai Protein

manfaat protein
Protein berasal dari bahasa Yunani protos, yang berarti “yang paling utama”. Protein merupakan senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung komposisi rata-rata unsur kimia yaitu karbon 50%, hidrogen 7%, oksigen 23%, nitrogen 26%, dan kadang kala sulfur 0-3% serta fosfor 0-3%.

                        Protein ditemukan oleh Jöns Jakob Berzelius pada tahun 1838. Protein merupakan komponen utama sel hewan dan manusia. Proses kimia dalam tubuh dapat berlangsung dengan baik karena adanya enzim, suatu protein yang berfungsi sebagai biokatalisator. Disamping itu hemoglobin dalam butir-butir darah atau eritrosit yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh, adalah salah satu jenis protein.

            Protein merupakan markomolekul yang tersusun dari rantai rantai panjang asam amino dengan massa molekul relative sekitar 6000 sampai beberapa juta. Protein Merupakan Polimer asam amino yang tergabung dalam ikatan peptide, sehinggan protein disebut polipeptida

                        Protein merupakan komponen penting atau komponen utama sel hewan atau manusia.Oleh karena sel itu merupakan pembentuk tubuh kita, maka protein yang terdapat dalam makanan berfungsi sebagai zat utama dalam pembentukkan dan pertumbuhan tubuh.
Semoga Manfaat............>>>By Abdisr Blogger

Posting Komentar untuk "Pengertian Mengenai Protein"