Pengertian Hikayat Dan Macam Macamnya

Pengertian Hikayat dalam bahasa indonesia dan Macam Macamnya 
Hikayat  ialah  karya  sastra  yang  berupa  cerita  atau  dongeng  yang  dibuat sebagai   sarana  pelipur  lara  atau  pembangkit  semangat  juang. 

Contoh,nya seperti
Hikayat  Sri  Rama,  Hikayat  Hang  Tuah,  Hikayat  Amir  Hamzah  dan sebagainya.

Dan dibawah ini ada beberapa hikayat yang lumayan terkenal


Hikayat  ini  merupakan  saduran  dari  Kitab  Ramayana.  Isinya  men-ceritakan  tentang  riwayat  Rama  sejak  lahir  kemudian  berperang melawan Rawana raja Alengka untuk memperebutkan Shinta, istrinya. Dalam peperangan  ini Rama dibantu oleh prajurit kera yang dipimpin oleh Sugriwa.

Dewi Shinta berhasil direbut dari tangan Rawana dan segera dibawa ke Ayodya. Namun, Rama menyangsikan kesucian Shinta yang telah lama berada di Alengka, sehingga ia dikucilkan di Pertapaan Walmiki.

Untuk membuktikan kesucian Shinta, Shinta ingin bunuh diri dengan cara membakar diri (pati obong). Namun, karena   Sinta benar-benar suci  tidak  tersentuh  oleh  Rawana  maka  dewa  melindunginya.  Rama akhinya  menerima  kembali  dan  kemudian  diboyong  ke  Ayodya. (bandingkan dengan cerita Rama Shinta dalam Balet Ramayana yang dipentaskan di Candi Prambanan setiap bulan Purnama).


Hang  Tuah,  adalah  orang  yang  bertuah.  Tuah  berarti  bahagia  dan selamat. Laksamana berarti mempunyai tanda atau keutamaan. Dengan demikian, hikayat ini berisi tentang kesetiaan dan keperwiraan seorang laksamana Kerajaan Malaka bernama Hang Tuah bersama empat orang sahabatnya,  yakni  Hang  Jebat,  Hang  Lekir,  Hang  Lekiu,  dan  Hang Kesturi yang berhasil menjadi orang besar.


Hikayat  ini  berasal  dari  Timur  Tengah  setelah  masuk  ke  Indonesia (Jawa)  mendapat  banyak  tambahan  dan  disesuaikan  dengan kebudayaan  Jawa  sehingga  dikenal  dengan  Serat  Menak.  Tokohnya adalah Amir Hamzah yang di masyarakat Jawa disebut Wong Agung Menak  atau  Wong  Agung  Jayenglono.  Inti  ceritanya  adalah  adanya peperangan antara Amir Hamzah dengan mertuanya yang masih kafir yakni Raja Nursewan dari Kerajaan Madayin. Peperangan ini bisa terjadi akibat akal licik dan fitnah dari Patih Bestak dari Kerajaan Madayin.
Semoga Bermanfaat…….>>>By Abdisr Blogger | bahasa indonesia



Posting Komentar untuk "Pengertian Hikayat Dan Macam Macamnya"