22 Pesan Moral dan Nasihat Ust. Jefry Sebelum Meninggal


22 Pesan Moral dan Nasihat Ust. Jefry Sebelum Meninggal

※~1. Yang paling banyak aku sembunyikan adalah keburukanku.. Dan yang paling banyak aku tampakkan adalah kebaikanku..

※~2. Diri ini selalu ingin kelihatan baik di mata manusia yang lain.. Padahal begitu jelas keburukannya di mataMU.. Ampuni aku.. Ampuni aku..

※~3. Kenapa manusia gak boleh berlama-lama menanam kebencian, dendam & kemarahan, khawatir gak ada umur, kemudian mati membawa itu semua, na'udzu billah..

※~4. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi hina.. Hina dalam perbuatan.. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi buruk.. Buruk dalam sangkaan..

※~5. Gak ada satupun manusia yang gak pernah berbuat salah.. Lalu kenapa jadi sulit u/ memaafkan orang yang telah berbuat salah kepada dirinya?

※~6. Pada dasarnya manusia itu makhluk yang memiliki sifat lemah lembut & cerdas, hanya saja dalam perjalanannya nafsu yang tidak baik telah mengotorinya..

※~7. Kebenaran itu mengajak bukan menginjak, merangkul bukan memukul, memeluk bukan menekuk, munculkan harapan bukan memupuskan harapan, tidak merasa lebh baik.

※~8. Berhati-hatilah¬ pada orang dengki, apapun akan menjadi salah di hadapannya, orang dengki tidak pernah menyadari kedengkiannya, kecuali ada hidayah.

※~9. Memberi maaf tidak harus menunggu yang salah meminta maaf itulah kemuliaannya..

※~10. Pada akhirnya semua akan mnemukan yang namanya titik jenuh. Dan pada saat itu, kembali adalah yang terbaik. Kembali pada siapa? Kepada "DIA" pastinya.

※~11. Selama suami tidak ridho selama itu pula ibadahnya tidak diterima.. Tapi suami yang bijak akan menasehati dan memaafkan..

※~12. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi hina.. Hina dalam perbuatan.. Kemarahan bisa mambuat seseorang menjadi buruk.. Buruk dalam sangkaan..

※~13. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi lupa.. Lupa dalam kebaikan.. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi terlena.. Terlena dalam amarah..

※~14. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi buta.. Buta dalam memandang.. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi kacau.. Kacau dalam berfikir..

※~15. Santun dalam penyampain dan tutur kata menunjukkan ketinggian budi pekerti seseorang..

※~16. Setiap segala sesuatu itu ada kelebihannya.. Maka janganlah suka meremehkan dan merendahkan..

※~17. Tidak ada yang salah pada diri siapapun.. Hanya cara menilainya saja yang suka keliru karena tidak tahu..

※~18. Lisan saja tidak cukup untuk memberi "maaf".. Perlu hati juga untuk memaafkan.. Sehingga "tulus" adanya..

※~19. Maaf bukanlah hiasan bibir.. Tapi ketulusan hati..

※~20. Meski maaf membutuhkan kata untuk diucap.. Maaf juga membutuhkan perbuatan sebagai bukti untuk dirasa..

※~21. Saatnya "melembutkan hati" dengan maaf.. Memberi maaf berarti "memilih kemuliaan" di sisi Allah SWT..

※~22. Merdeka berarti harus membangun.. Bukan untuk pribadi atau golongan.. Makmur untuk semua.. Adil untuk semua.. Hukum pun berlaku untuk semua.

Subhanallah...

Posting Komentar untuk "22 Pesan Moral dan Nasihat Ust. Jefry Sebelum Meninggal"