Sekilas Tentang HTML DAN XHTML

HTML  merupakan sekumpulan aturan-aturan  yg  digunakan untuk mendeskripsikan halaman web. Perlu diketahui bahwa HTML (HyperText Markup Language) bukanlah sebuah  bahasa pemrograman,namun merupakan sebuah bahasa penanda (markup language).

            Oleh karena itu pada kepanjangan  dari HTML  Kita peroleh “Markup Language” bukan Programming Language  (bahasa pemrograman). Sehingga pada praktiknya, Kita hanya  akan menggunakan bentuk-bentuk seperti <body>Ini bagian body</body> yg menandakan bahwa bagian yang berada di antara tag <body> dan </body> adalah bagian body dalam sebuah HTML.

            Sekarang dapat Kita simpulkan bahwa pendeskripsian bagian-bagian dan pembuatan suatu format dalam HTML akan digunakan tag-tag penanda.

            Tag-tag dalam HTML masing-masing memiliki tag pembuka dan tag penutup, seperti <html> dan </html>. Terdapat beberapa  tag yg tidak memerlukan tag penutup dalam penggunaanya, seperti <br>. Namun sebagai gantinya, pada XHTML, tag-tag yg tidak  memiliki tag penutup tersebut harus ditulis  dalam bentuk seperti <br  />. 

            Sehingga meskipun pada  praktiknya  hanya  dengan mengetikkan <br> Kita sudah dapat memperoleh hasil yg Kita inginkan, namun dengan penulisan seperti ini Kita akan melihat penulisan kode-kode yg  lebih teratur selain penulisan seperti ini memang merupakan aturan  penulisan tag dalam XHTML.

            File HTML yang telah Kita buat dapat Kita simpan dalam format *.htm atau *.html. Pada sistem komputer terdahulu, ada yg tidak  mengijinkan terhadap file dengan 4 karakter sebagai ekstensinya, sehingga dengan alternatif  yg  tersedia  Kita  dapat membuatnya dengan ekstensi  *.htm. Namun, kini  format-format  dokumen dengan 4 karakter  seperti *.html sudah dapat  terdukung dengan baik pada sebagian besar system komputer.

Semoga Bermanfaat…….>>>By Abdisr Blogger



Posting Komentar untuk "Sekilas Tentang HTML DAN XHTML"