Sekilas Sejarah OSI Model

Sejarah Model OSI / OSI Model | Abdisr Blogger Dahulu  pada  era  70an, banyak  perusahaan  software maupun  hardware yang membuat  System Network Architektur (SNA), yang antara lain IBM, Digital, Sperry, Burough dll. Tentunya masing  masing  perusahaan  tersebut  membuat   aturan   aturan  sendiri  yang  satu  sama   lain  tidak  sama, misalkan IBM mengembangkan SNA yang hanya memenuhi kebutuhan komputer  komputer IBM.
www.abdisr.blogspot.com
            Dari sini kemudian timbul masalah misalkan jaringan komputer menggunakan SNA produk IBM ingin dihubungkan dengan SNA produk Digital tentunya tidak bisa, hal ini disebabkan protokolnya tidak sama. Analoginya, misalkan anda berbicara dengan bahasa jawa, tentunya akan dimengerti oleh orang lain yang mengetahui bahasa jawa, ketika anda berbicara dengan orang Sunda apakah bahasa anda bisa diterima oleh orang tersebut ? tentunya tidak ? Masalah ini bisa diselesaikan jika anda berbicara menggunakan bahasa standar yang tentunya bisa dimengerti lawan bicara anda.
Menghadapi kenyataan ini, kemudian The International Standard Organization (ISO) pada sekitar tahun 1980an, meluncurkan sebuah standar model referensi yang berisi cara kerja serangkaian
protokol SNA. Model referensi ini selanjutnya dinamakan Open System Interconnection (OSI).

Semoga Bermanfaat…..>>>By Abdisr Blogger

Posting Komentar untuk "Sekilas Sejarah OSI Model"